5 Jenis Olahraga Paling Menyiksa Dan Tak Harus Dilakukan



Tujuan melakukan olahraga adalah mendapatkan tubuh sehat dan bugar sehingga tidak mudah kena penyakit. Tetapi bagi sebagian orang, ada jenis-jenis olahraga yang sangat menyiksa dan memang tidak harus dilakukan karena agak berlebihan.

Umumnya, olahraga yang dirasakan sangat menyiksa tubuh merupakan latihan beban. Bagi yang terlatih tentu tidak masalah, tetapi rasanya seperti ajang pembantaian bagi yang terbiasa olahraga santai dan cuma butuh sedikit gerak sampai berkeringat saja.

Bagi orang-orang dalam kategori tersebut, berikut ini jenis olahraga yang tidak harus dilakukan karena sangat menyiksa, seperti dikutip dari Dailyhealthpost.




1. Abdominal plank dan side plank



Hanya butuh meluruskan badan sebenarnya, tetapi karena bertumpu pada tangan maka posisi ini sangat berat dipertahankan meski hanya untuk 30-60 detik. Tidak perlu dipaksakan, bagi sebagian orang olahraga ini memang kurang dinamis karena memang difokuskan untuk melatih core muscles atau otot-otot inti. Ganti dengan yang lebih dinamis seperi push-up supaya langsung terasa keringatnya.




2. Traditional crunch dan sit-up



Saat orang bicara tentang olahraga yang dinamis, crunch dan sit up jarang masuk hitungan. Latihan semacam ini hanya menargetkan sebagian kecil saja dari otot perut dan malah berisiko memicu nyeri leher dan punggung. Akan lebih variatid dan bermanfaat kalau dilakukan dengan balance-ball.




3. Knee extension dan leg press



Dibandingkan latihan beban lainnya, olahraga ini terbilang paling menyiksa karena gerakan otot-otot kaki dengan kekuatan se-ekstrem ini jarang dilakukan dalam keseharian. Sama seperti olahraga-olahraga sebelumnya, latihan ini juga terlalu fokus pada sebagian kecil otot sehingga kurang dinamis. Tidak ada kesempatan untuk menggerakkan otot-otot seluruh tubuh secara bersamaan.




4. Bench press



Bagi pemula, mengangkat barbel sambil berbaring di bench (papan) bisa memicu cedera akibat gerakan rotator manset tidak seimbang, jika dilakukan berlebihan dan tanpa pengawasan instruktur berpengalaman. Pada dasarnya bench press ini merupakan bagian dari program fitness yang terstruktur, sehingga penting untuk diingat bahwa latihan ini bukan satu-satunya fokus utama saat datang ke gum.




5. Hanging knee raise



Tujuan dari olahraga ini kurang lebih sama seperti crunch dan sit upo, hanya saja posisinya tidak berbaring melainkan menggantung pada satu alat dengan bertumpu pada kedua lengan sementara kedua kaki bergerak bebas. Latihan ini lebih cocok untuk orang yang berpengalaman, sebab jika tidak maka gerakannya cenderung tidak sempurna dan akhirnya tidak bermanfaat. Lagi-lagi, pilihan terbaik untuk pemula adalah latihan yang lebih dinamis.

Follow On Twitter