13 Cara Alami Untuk Atasi Gigitan Nyamuk



13 Cara Alami Untuk Atasi Gigitan Nyamuk [ www.BlogApaAja.com ]

Siapa sih yang bisa betah dengan gigitan nyamuk? Apalagi nyamuk bisamembawa penyakit-penyakit yang membahayakan nyawa seperti demam berdarah ataumalaria. Namun bagi banyak orang, rasa gatal akibat digigit nyamuk itu jauhlebih menyiksa.



Langkah pertama

yang terlintasuntuk mengatasi gigitan nyamuk pastilah menggaruk. Masalahnya, menggaruk bekasgigitan nyamuk akan merusak kulit, apalagi jika jari-jari Anda kotorsehingga meningkatkan risiko infeksi, ujar Dr. Neal B. Schultz, seorang ahlidermatologi yang berpraktik di New York City.

Lagipula menggaruk sebenarnya menciptakan lebih banyak peradangan,menambah keinginan untuk menggaruk lebih banyak dan memberi rasa nyeri yanglebih parah. Jika itu dirasa tidak membantu, barulah orang-orang beralih keobat-obatan seperti antihistamine dan calamine.

Namun jika Anda lebih memilih cara alami, simak paparan 13 cara alamiuntuk mengatasi gigitan nyamuk seperti dikutip dari huffingtonpost, berikutini.

1. Es



Terapi dingin yang mengejutkan akan meredakan gatal-gatal dan mencegahpembengkakan. "Sebenarnya es mematikan saraf yang menyebabkan gatal dannyeri sehingga Anda takkan merasakannya lagi," kata Schultz.

2. Minyak Esensial



"Minyak pohon teh adalah salah satu minyak favoritsaya," ujar Schultz. Karena bersifat antiinflamasi maka minyak ini dapatmemerangi gatal, bengkak dan nyeri. Bahkan tampaknya minyak ini juga memilikisifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu mencegah infeksi pada bekasgigitan.

Minyak lavender juga dapat membantu. "Lavender adalah yang palingserba guna dari semua jenis minyak esensial," ungkap Schultz. Sekalidioleskan pada kulit dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri sertamencegah infeksi, jelasnya.

3. Cuka



Cuka dapat membantu menghentikan rasa gatalnya, kata Schultz. Schultzpun merekomendasikan untuk memasukkan 2-3 cangkir cuka dalam bak airhangat untuk mengobati semua gigitan atau menaruh beberapa tetes cuka padakapas lalu dioleskan pada bekas gigitan. Lebih baik lagi jika menggunakan cukasari apel.

4. Madu



Pemanis alami ini memang terkenal karena berbagai manfaat kesehatan yangdimilikinya, termasuk sifat antiinflamasi dan antibakterinya sehingga tidaklahmengejutkan jika madu juga dapat mengurangi gatal akibat gigitan nyamuk.

Schultz pun menyarankan untuk memilih madu mentah yang dioleskan sedikitpada gigitan.

5. Kantong Teh



Selain mengurangi bengkak di bawah mata, kantong teh juga dapatmengurangi pembengkakan pada bekas gigitan nyamuk, tandas Schultz. Kandungan tanindalam teh berfungsi sebagai astringent yang menarik keluar cairan dari gigitan.

6. Baking Soda



"Natrium bikarbonat adalah senyawa alkali ringan yang dapatmembantu menetralkan keseimbangan pH kulit Anda," ungkap Dr. Linda K.Franks. "Efek penyangga ini dapat membantu mengatasi peradangan yangterjadi pada permukaan kulit sehingga mengurangi rasa nyerinya."

Cobalah larutkan baking soda ke dalam bak hangat dan berendamlahselama 30 menit atau bisa juga dengan mencampur baking soda ke dalam sedikitair lalu dioleskan langsung ke bekas gigitan.

7. Basil



Daun beraroma alami ini mengandung kapur barus dan timol, dua senyawayang dapat mengurangi rasa gatal, terang Schultz. Anda bisa menghancurkanbeberapa helai daun dan mengoleskannya pada gigitan atau membeli minyakesensialnya.

8. Lemon dan Limun



Menurut Schultz, kedua buah ini bersifat anti-gatal, antibakteri dan antimikroba.Jus atau kupasan kedua buah ini dapat "membunuh segala macambakteri," tambahnya.

9. Peppermint



Mungkin Anda pernah mendengar bahwa seoles pasta gigi dapat meringankangatal, tapi mungkin itu berkat aroma mint-nya yang bekerja.

"Daun ini memberikan sensasi dingin yang sampai ke otaklebih cepat daripada rasa gatal," ungkap Schultz. Karena otak hanya dapatmemproses satu sensasi pada satu waktu, bahan pendingin ini sering ditambahkanpada produk perawatan kulit sebagai "kontra-iritasi" yang mencegahdan memblokir sensasi lain seperti gatal-gatal.

Jika Anda tak ingin menghabiskan pasta gigi Anda, cobalah setetes minyakesensial atau pasta yang terbuat dari daun peppermint yang dihancurkan.

10. Kulit Pisang



Sayangnya tidak banyak penelitian yang kredibel untuk mendukung manfaatkulit pisang terhadap gigitan nyamuk. Padahal Schultz memiliki hipotesis bahwagula dalam susunan kimiawi kulit pisang bisa menenangkan dan menarikkeluar cairan dari gigitan.

11. Susu dan Air



Sebagai kompres untuk menenangkan kulit, Schultzmerekomendasikan untuk mencampurkan susu dan air ke dalam saputangan danmengoleskannya pada kulit. "Cara ini sangat menenangkan dan membantumengurangi gatal, pembengkakan dan peradangan," lanjutnya, "Bahkanini merupakan teknik yang hebat untuk menghilangkan nyeri akibat sengatanmatahari."

12. Menampar atau Mencubit



Kedengarannya konyol, tetapi kedua cara ini benar-benar bekerja!"Nyeri yang diakibatkan oleh tamparan rasanya lebih besar dari gatal,"ungkap Schultz. "Lagipula meskipun sensasinya lebih mengejutkan, tapitidak mengganggu seperti layaknya rasa gatal." Tamparan atau cubitan inijustru akan mengalihkan perhatian otak Anda dari sensasi rasa gatal.

13. Lidah Buaya



Biasanya lidah buaya digunakan untuk meredakan kondisi terbakarsinar matahari (sunburn), namun lidah buaya juga tidak boleh diabaikan dalammengobati gigitan, kata Schultz. "Tanaman ini sangat baik untuk mengatasigatal dan bengkak, rasanya benar-benar sangat menenangkan."


Follow On Twitter